Jasa Laundry – Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Saat musim hujan datang maka ini memberikan keuntungan tersendiri untuk pelayanan jasa laundry. Bagaimana tidak, banyak orang yang berbondong-bondong mencucikan pakaian kotornya di tempat laundry, karena cucian mereka tidak kering bila dicuci sendiri. Berkah itupun juga dirasakan oleh Almarpatrasi Yongki Roza, seorang pengusaha modal kecil yang setiap musim hujan merasakan peningkatan pendapatan dan pelanggan hingga 30% tidak hanya itu, banyak konsumen baru yang terus menggunakan jasa usaha kecilnya. Apa saja keistimewaan bisnis kecil yang ditawarkannya? [Info: Peluang Usaha Buat Pemula dengan Modal Kecil].

Dengan naluri usaha yang dimiliki dan melihat potensi pasar yang cukup besar, membuat Almapatrasi Yongki Roza berinisiatif membangum bisnis laundry. Usaha laundry memang cukup banyak di pasaran, tetapi potensi usaha ini tetap tinggi dan banyak dibutuhkan masyarakat, jelas pebisnis kecil yang akrab disapa Yongki. Maka di tahun 2010, ia pun membangun usaha modal kecil yang diberi nama Baju kotor laundry dengan tagline Smart Solution for Wash.usaha dengan modal kecil yang menguntungkan

Modal awal usaha yang digunakan pebisnis kecil ini dalam merintis usaha ini tidak sedikit, sekitar 150 juta untuk membeli peralatan laundry dan perlengkapan usaha. Sedangkan tempat usaha di Ruko Bisnis Center No. 8K Bekasi Barat kebetulan milik keluarga yang sudah dua tahun tidak terpakai.

Pengusaha modal kecil itu mantap menjalankan usaha laundry karena usaha ini tidak pernah sepi dari peminat. Bahkan di waktu-waktu tertentu, seperti pada musim hujan, jasa laundry akan dicari banyak konsumen. Malah ke depan saya lihat bisnis laundry khususnya laundry kiloan bukan saja menjadi sebuah kebutuhan, tetapi akan berubah makna menjadi gaya hidup di mana semua orang akan menggunakan jasa usaha laundry kiloan sebagai gaya hidup sehari-hari mereka, jelasnya.

Jenis Jasa Laundry Yang Ditawarkan

Dalam layanan jasa laundry kiloan ini, pemilik bisnis usaha modal kecil tsb menawarkan tiga paket jasa, yakni Laundry kiloan, Laundry satuan, dan Dry Clean Laundry. Ketiga jenis paket jasa usaha modal kecil tersebut sama-sama memberikan kualitas hasil yang maksimal meskipun dengan harga yang berbeda. [Info Bisnis Kecil Menguntungkan lainnya].

Paket usaha modal kecil laundry kiloan dibagi menjadi lima jenis: Pertama adalah Cuci Komplit dengan tarif 7 ribu per kilogram, yakni semua pakaian pelanggan dicuci bersih dan diseterika rapi. Kedua Cuci Lipat atau Seterika Lipat dengan tarif 5 ribu per kilogram. Untuk paket bisnis ini pelanggan hanya memakai jasa cuci kering dan dilipat, atau jasa menyeterika baju saja. Ketiga, Paket Bulanan Kosan bertarif 135 ribu per bulan dengan ketentuan maksimal pakaian sebanyak 20 kg. Keempat, Paket Bulanan Rumahan bertarif 190 ribu perkilogram dengan maksimal order 30 kg. Kelima, One Day Service yang dikenakan tarif 12 ribu per kilogram, dan pakaian akan selesai dalam waktu 6 jam. Untuk paket Bulanan Kosan dan Rumahan, bila pelanggan melebihi batas kuota, biasanya akan dikenakan biaya modal standar, yakni 7 ribu per kilogram, jelasnya.

Selanjutnya adalah paket bisnis kecil usaha Laundry Satuan,. Pada paket ini biasanya dikhususkan pada pakaian dari bahan- bahan tertentu, misalnya bahan sutera, brokat, kebaya. Harga yang ditetapkan bervariasi sesuai dengan jenis pakaian. Kisaran modal harga jasa Laundry Satuan ini sekitar 3.500 hingga 32.500 per pcs. Selain untuk pakaian, jenis laundry ini juga bisa untuk pencucian boneka, selimut, bed cover, hingga kain gorden.Dan terakhir adalah paket Dry Clean Laundry, yang biasanya digunakan untuk jenis-jenis pakaian atau produk dari bahan yang sensitive. Clean Laundry hampir mirip dengan laundry satuan. Namun biasanya digunakan untuk pakaian atau produk dengan bahan lebih sensitif. Atau jika konsumen menginginkan hasil laundry yang lebih lembut dan wangi, jelasnya. Sistim kerja usaha Dry laundry ini menggunakan mesin cuci uap dan seterika uap, sehingga hasil akhirnya lembut dan rapi. Tarif cucian Dry Clean laundry sekitar 4 ribu hingga 33.500 per pcs.

Pada semua paket yang ditawarkan bisnis kecil ini, ada persyaratan minimum order yakni sedikitnya tiga kilogram setiap kali order. Waktu pelayanan usaha mulai dari pakaian dikirim ke Baju kotor laundry hingga pakaian siap diantar atau diambil konsumen, biasanya sekitar 2 hari. Dan dari paket yang ditawarkan tersebut, yang paling banyak diminati adalah paket laundry kiloan jenis cuci komplit dan paket laundry satuan.Dengan cara usaha modal kecil yang diterapkan tersebut, tak heran dalam sebulan Baju laundry mampu mencuci pakaian hingga mencapai 2,5 ton. Dan omset yang diraih mencapai 40 juta lebih dengan keuntungan bersih hingga 58%.

Meningkat 20-30% Saat Musim Hujan. Memang bukan rahasia lagi, bila datang musim hujan mampu memberikan keuntungan usaha tersendiri baginya bersama usaha modal kecil jasa laundry-nya tersebut. Kalau musim hujan kan banyak cucian yang nggak kering. Kalaupun kering, pasti bisa beberapa hari dan baunya sudah nggak wangi bahkan ada yang berbau apek, terang bungsu dari dua bersaudara ini. Maka dari itu, banyak orang yang memilih cara cepat dengan menggunakan usaha laundry untuk mencuci baju hingga kering. Pada musim hujan seperti sekarang ini yang banyak menyebabkan musibah banjir, penghasilannya meningkat hingga 30%. Bahkan menurutnya, ia kerap mengalami overload permintaan jasa bisnis laundry. Tak pelak banyak order cucian yang belum bisa ditangani meskipun sudah diterima dua hari sebelumnya. Maka dari itu, di saat kondisi bisnis seperti saat ini ia selalu mengkomunikasikan dengan konsumen bila mengalami overload yang membuat penanganan laundry bisa terlambat 1-2 hari.

Layanan Antar Jemput. Agar para pelanggan lebih termanjakan, Yongki pun memberikan bisnis layanan antar jemput cucian ke tempat konsumen, Namun layanan ini hanya diberikan kepada pelanggan yang menggunakan jasa usaha modal kecil laundry pada paket Bulanan Kosan dan One Day Service. Lokasi konsumen di sekitar Jakarta dan Bekasi, dan layanan ini gratis tanpa dipungut biaya tanbahan lagi. Jadi dengan layanan yang kami berikan ini, pelanggan hanya menelepon saja nggak perlu repot-repot mengantar dan mengambil di outlet kami, jelasnya. Selain menggunggulkan service yang baik, ia juga mengedepankan kualitas. Baju Kotor Laundry memang tampak seperti laundry kiloan pada umumnya, namun jika dilihat lebih jauh Baju Kotor Laundry memiliki kelebihan yang menjadi pembeda dari laundry kiloan lain. Sesuai dengan kata-kata yang diusung olehnya “See, Smell and Touch the Differences,” jika ingin mengetahuinya harus dilihat, dirasakan dan disentuh perbedaannya. Menurutnya, kelebihan Baju Kotor Laundry terutama dari segi kualitas karena pebisnis kecil itu sangat memperhatikan kualitas hasil usaha cucian di laundry miliknya. Dalam hal ini, dia melakukan pencucian sesuai dengan label baju dan dalam proses pengerjaan tidak dicampur dengan pakaian pelanggan lain. Tak hanya itu, pelanggan kecil lainnya dapat memilih pewangi pakaian sesuai dengan selera. Hal inilah yang membuat Baju Kotor Laundry memiliki banyak pelanggan loyal di tengah ketatnya persaingan bisnis laundry kiloan yang menawarkan harga lebih murah.

Tahapan Produksi. Agar hasil pakaian yang dicuci lebih bersih dan lembut, pemilik usaha laundry bermodal kecil ini tidak main-main dalam memilih bahan detergen dan pewangi untuk bisnisnya. Oleh karen itu, ia memakai detergen dan pewangi curah namun tetap dengan kualitas grade A sehingga hasil dari cucian sudah pasti terjamin kualitasnya. Dia membeli dari supplier yang khusus menyediakan detergen dan pewangi untuk hotel-hotel berbintang. Bahkan pernah ada pelanggan yang bilang jika hasil cucian ketika ditaruh di lemari selama seminggu, “wanginya masih tetap ada,” ujar pria usia 33 tahun ini sambil tertawa. Jika pakaian terkena noda seperti tinta, luntur, darah dan yang lain, dia juga mempunyai bahan kimia khusus untuk hal itu, ia akan memberikan tarif tambahan relatif kecil sesuai dengan tingkat kekotoran noda.

Sedangkan modal peralatan usaha, saat pelaku bisnis kecil ini memiliki 9 buah peralatan laundry yakni 5 unit mesin cuci elektronik merek Electrolux, 1 unit mesin pengering, 2 unit meja seterika uap (dry clean) dan 2 unit seterika uap (dry clean). Total karyawan yang dimiliki berjumlah 9 orang, terbagi 2 orang di bagian mencuci, 4 orang di bagian menyeterika, 2 orang di bagian packinh, dan 2 orang di bagian terima barang serta bagian administrasi.Laundry menggunakan bantuan mesin cuci elektronik sehingga membuat proses mencuci pakaian lebih gapang. Setelah memilah pakaian sesuai jenisnya, lalu dimasukkan ke dalam mesin cuci, bersama detergen. Setelah dilakukan pembilasan salama hampir lima kali, dilanjutkan dengan proses pengeringan. Bila baju sudah kering, berlanjut pada proses penyeterikaan dan penyemprotan pewangi pada pakaian. Dengan kapasitas puluhan kilogram pakaian setiap hari, akan membuat pakaian konsumen saling tertukar. Dan untuk mengantisipasi kondisi tersebut, sejak awal pebisnis modal kecil ini menginginkan ketelitian dari pegawainya untuk memilah pakaian pelanggan dan langsung diberi label nama di setiap baju. Begitu pun saat proses packing, biasanya dilakukan kroscek apakah ada pakaian yang terselip atau tertinggal. “Selain itu proses pemilihan, pencucian, penyeterikaan, hingga packing pakaian milik pelanggan tidak dilukukan secara bersamaan dengan milik pelanggan lain,” jelasnya.

Strategi Marketing. Ketika pertama kali memperkenalkan usaha ini, pebisnis modal kecil itu membuat banyak brosur yang kemudian disebarkan di beberapa komplek perumahan sekitar tempat usahanya.Ia membuat brosur dengan menawarkan harga khusus selama sebulan penuh. Selain itu, ia juga mulai merambah ke dunia maya untuk memperluas jangkauan usaha dengan membuat webside. Dia juga tidak pernah menargetkan apakah Baju Kotor Laundry untuk segmentasi menengah ke bawah ataupuan menengah ke atas, justru ia ingin agar laundry kecil miliknya bisa menyasar semua kalangan dan hal itu terbukti. Ia menceritakan bahwa tidak hanya warga perumahan saja yang menggunakan jasa laundry kiloannya, bahkan tukang becak, tukang ojek, dan tukang parkir di sekitar tempat usaha kecilnya banyak yang menggunakan jasa Baju Kotor Laundry.

Sistem pembayaran yang ditentukan tidak berbeda dengan modal bisnis laundry kecil lain. Ia menetapkan pembayaran secara tunai saat pakaian sudah selesai di laundry. Namun untuk Paket Bulanan Kosan dan Bulanan Rumahan, pembayaran ditentukan di awal, dan bila ada kebijakan untuk pembayaran di akhir tetap diberikan sesuai dengan negosiasi antara Yongki dan pelanggan. Selain tunai, pembayaran dapat dilakukan dengan transfer Flazz debit BCA Card dan debit Mandiri Card.

Kendala Modal Usaha Kecil. Awal merintis usaha Baju Kotor Laundry, Yongki merasa ada beberapa permasalahan usaha terutama dalam hal SDM. Baginya tidak mudah mencari orang yang mampu bekerja baik dan bisa dipercaya. Diceritakannya, pernah ada pegawai yang izin pulang kampung saat Hari Raya. Namun tidak kembali untuk bekerja dan hal itu sungguh merepotkan Yongki. Namun kemudian semakin berjalan usahanya, hal-hal yang berhubungan dengan SDM sudah tidak lagi menjadi kendala bisnis yang berarti. Selain itu risiko lain juga kerap datang dari pelanggan Baju Kotor Laundry terutama dalam hal complain. “Yang namanya sesuatu yang dikerjakan manusia pasti ada saja kesalahannya. Mesin saja bisa salah apalagi manusia, jadi hal itu sudah menjadi bagian dari risiko usaha kecil dalam menjalankan usaha laundry ini,” ujarnya. Dan semuanya selalu ia atasi dengan modal berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

error: Content is protected !!